Diagram batang berat badan siswa

Apabila pada titik-titik tengah dari histogram dihubungkan dengan garis dan batangbatangnya dihapus, maka akan diperoleh poligon frekuensi. Batas bawah kelas pertama diambil datum terkecil. Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Jika data disajikan dalam diagram garis, maka kita dapat melihat kenaikan atau penurunan jumlah pengunjung pada setiap harinya.

Contoh Soal Menganalisis Berbagai Teknik Penyajian Data

Contoh SoalHasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

S1 Karakteristik data yang cocok disajikan dengan menggunakan diagram batang adalah Daftar distribusi kumulatif kurang dari menggunakan tepi atas. Salah satu kelebihan dari diagram garis berganda adalah kita dapat melihat perbandingan frekuensi antar tiap kategori dan pada saat yang sama dapat melihat perkembangan tiap kategori setiap tahunnya.

Tahukah kalian bagaimana cara menyajikan data yang efektif? Tinggi batang pada bawang merah adalah Titik Tengah Untuk mencari titik tengah dapat dipakai rumus: Sedangkan ogive turun apabila berdasarkan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.

Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA? Dalam membuat diagram batang, perhatikan nilai datanya. Statistik juga diartikan sebagai suatu ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu.

Penyelesaian Histogram dan poligon frekuensi dari tabel di atas dapat ditunjukkan sebagai berikut.

Penyajian Data: Diagram Lingkaran, Batang, Garis

Pada tinggi badan berapa jumlah siswa yang paling banyak dan paling sedikit? Berat badan bayi Ibu juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetika. Data kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan.Diagram Batang Contoh Soal Jumlah lulusan SMA X di suatu daerah dari tahun sampai tahun adalah sebagai berikut.

Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Berat badan siswa kg berat badan siswa kg a b 34

Sajikan data tersebut dalam histogram. Jul 20,  · Perhatikan data berat badan siswa kelas V berikut. (dalam kg) 34 36 40 39 35 30 32 42 39 38 29 30 32 36 38 40 42 38 34 35 34 29 45 40 32 37 37 34 38 31 Menyajikan data dalam bentuk diagram batang dan diagram lingkaran dari data dalam bentuk Tabel Data dalam bentuk tabel dapat disajikan dalam bentuk diagram batang ataupun diagram Author: TIM.

Contoh data yang cocok disajikan dengan diagram batang adalah data tinggi badan siswa, data berat badan guru, dan data jumlah siswa. Diagram Garis.

Maaf tidak ada soal untuk materi ini!

Diagram garis menyajikan data dalam bentuk grafik garis yang memungkinkan kita untuk melihat kenaikan dan penurunan suatu data pada interval waktu. Diagram Batang Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah.

Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa Author: Fatia. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memerlukan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak lurus.

Sumbu mendatar biasanya menyatakan jenis data, misalnya waktu dan berat. Adapun sumbu tegaknya menyatakan frekuensi data. Mar 28,  · - Carilah berat badan siswa terendah dan tertinggi!

- Tentukan selisih berat badan siswa tertinggi dan terendah! - Carilah mean, median, modus! 3. Diagram hasil panen tahun sampai adalah sebagai berikut: Buatlah diagram batang dan garis! Kirimkan Ini lewat Email BlogThis!

Diagram batang berat badan siswa
Rated 5/5 based on 56 review