Hubungan endokrin dengan obesitas

Sebaliknya, sebagian besar estrogen wanita pasca menopause dihasilkan di dalam lemak tubuh, meskipun jumlahnya jauh lebih rendah dari yang dihasilkan ovarium sebelum menopause.

Peningkatan kadar asam lemak dalam plasma menyebabkan distribusi melalui sistem portal ke hati berlebihan sehingga lebih banyak asam lemak yang dioksidasi dan menghasilkan Acetyl CoA.

Golongan thiazolidinedion sangat baik untuk penderita diabetes melitus tipe 2 gemuk karena memperbaiki sensitivitas insulin di jaringan, tetapi kadang-kadang dapat menaikkan berat badan.

Menstruasi ini dipengaruhi oleh kondisi hormonal dalam tubuh perempuan. Sistem simpatis umumnya bersifat katabolik, mengeluarkan energi flight or flight sistem ini meningkatkan frekuensi jantung, mendilatasi bronki, dan mengurangi sekresi.

194 HUBUNGAN OBESITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA

Patogenesis Diabetes Mellitus Tipe II Patogenesis dari diabetes mellitus tipe 2 jauh lebih sedikit diketahui meskipun tipe ini merupakan yang tersering ditemukan.

Pada gambar 2 diperlihatkan hubungan jaringan lemak dengan kejadian resistensi insulin. Hal ini tampaknya akan menyebabkan gangguan dalam pengenalan glukosa oleh sel beta. Diabetes mellitus tipe II terjadi akibat penurunan sensitivitas terhadap insulin atau akibat penurunan jumlah produksi insulin.

Perubahan hormon seks pria dan wanita akan berpengaruh pada perubahan distribusi lemak tubuh. Diabetes Care ; Meningkatnya lipolisis diduga berkaitan dengan meningkatnya aktivitas sistem saraf simpatis.

Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral. Untuk diagnosis DM, pemeriksaan yang dianjurkan adalah pemeriksaan glukosa dengan cara enzimatik dengan bahan darah plasma vena.

Hasil penelitian epidemiologis di negara maju menunjukkan bahwa meningkatnya prevalensi obes sejalan dengan meningkatnya prevalensi diabetes melitus tipe 2.

Secara khusus apabila sudah ditemukan adanya mikroalbuminuri maka ACE - inhibitor dapat mencegah perlangsungan nefropati diabetik menjadi lebih buruk.

Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik

Kerja adiponektin diduga dengan memacu ekspresi gen-gen yang mengatur metabolisme lemak pada jaringan otot, yaitu CD36, acyl co-enzyme A CoA oxidase, dan uncoupling protein UCP -2 yang akan meningkatkan efisiensi transpor asam lemak, pembakaran lemak dan termogenesis.

Fase pertama sekresi insulin yang cepat akan mengakibatkan glukosa menurun. Walaupun begitu sesuai dengan kondisi setempat juga dipakai bahan darah utuh whole bloodvena atau kapiler dengan memperhatikan angka-angka kriteria diagnostik yang berbeda sesuai pembakuan darah oleh WHO Sidartawan Soegondo, Tabel 2.

Obesity and nutritional factors in the pathogenesis of type 2 diabetes mellitus Textbook of Diabetes. Siklus Randle di otot dan di hati A. Obesitas dan Hormon Leptin Hormon leptin diproduksi oleh sel-sel lemak dan disekresikan ke dalam aliran darah kita.

Penderita juga resisten terhadap insulin eksogen. Metode penelitian ini adalah survei analitik, adalah survei atau penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi. Diagnosis diabetes mellitus ditegakkan atas dasar pemeriksaan kadar glukosa darah dan tidak dapat ditegakan dengan glukosuria saja.

Henry RR, Mudaliar S. Otot Pada tahun Randle mengemukakan teori bahwa pada keadaan dimana peningkatan asam lemak bebas dalam darah akan diikuti dengan meningkatnya ambilan asam lemak bebas oleh jaringan otot. Para peneliti menemukan bahwa kadar hormon pertumbuhan pada orang yang mengalami obesitas lebih rendah daripada orang yang memiliki berat badan normal.

Artikel ini akan membahas mengenai patofisiologi terjadinya diabetes melitus tipe 2 pada obesitas dan penatalaksanaannya. Hal yang serupa juga dilaporkan penelitian pada manusia. Pada keadaan normal otot akan menggunakan glukosa oksidasi glukosa untuk menghasilkan energi.

Trend penyakit yang terkait dengan lifestyle atau gaya hidup cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah diabetes melitus Herman, Adiponektin mempunyai efek yang berlawanan dengan adipositokin lainnya, yaitu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes melitus tipe 2.

Pada kegemukan dan kehamilan sensitivitas insulin jaringan sasaran menurun meskipun tidak terdapat diabetesdan kadar insulin serum mungkin meningkat untuk mengkompensasi resistensi insulin tersebut. Leptin bekerja pada sistem saraf perifer dan pusat.

Elevated levels of interleukin-6 are reduced in serum and subcutaneous adipose tissue of obese women after weight loss. Sejumlah insulin tetap disekresi dan masih cukup utnuk menghambat ketoasidosis. Lemak yang terdapat di sekitar perut tubuh berbentuk buah apel merupakan faktor risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ketimbang lemak yang tersimpan di bokong, pinggul dan paha tubuh berbentuk buah pir.

Tabel 4. Obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler Oleh karena prevalensi hipertensi, dislipidemi sangat tinggi pada penderita diabetes melitus, sedangkan sasaran yang ingin dicapai sangat ketat maka obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler seperti antihipertensi, obat hipolipidemik hampir secara rutin diberikan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar leptin dalam darah seseorang akan turun setelah diet rendah energi.

Pengaktifan reseptor insulin memicu serangkaian respon intrasel yang mempengaruhi jalur metabolisme sehingga terjadi translokasi unit transpor glukosa ke membran sel yang memudahkan penyerapan glukosa.HASIL DAN PEMBAHASAN Tabel Distribusi frekuensi obesitas n=29 % Obesitas ringan 0 0 Obesitas sedang 19 Obesitas berat 10 Berdasarkan tabel diperoleh data yaitu mayoritas WUS dengan obesitas sedang (%).

Obesitas memiliki peran yang kurang baik dalam hal ini yaitu meningkatkan resistensi insulin oleh tubuh, sehingga glukosa yang ada di dalam darah tidak mampu di metabolisme dengan baik oleh sel dan akhirnya terjadi peningkatan glukosa dalam darah, memang resistensi insulin berkaitan dengan obesitas (Brunner and Suddarth, ).Author: Udien Martapura.

Hubungan Kadar Hormon dan Obesitas

Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia. Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. Obesitas juga memiliki hubungan dengan inflamasi (peradangan) kronis tingkat rendah di dalam jaringan lemak.

Berlebihnya simpanan lemak dapat menyebabkan stres reaksi pada sel-sel lemak, yang pada gilirannya akan menyebabkan pelepasan faktor pro-inflamasi dari sel-sel lemak itu sendiri dan sel-sel imun dalam jaringan lemak. · PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia.

Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. 0 Votos positivos, marcar como útil. 0 Votos negativos, marcar como no útil. Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik.

Hubungan endokrin dengan obesitas
Rated 5/5 based on 58 review